PROFIL JDIH KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

"ANAMBAS BERMADAH 2021, Kepulauan Anambas Sebagai Kabupaten Maritim Terdepan yang Berdaya Saing, Maju dan Berakhlakul Karimah"

Visi


"Kepulauan Anambas Sebagai Kabupaten Maritim Terdepan yang Berdaya Saing, Majudan Berakhlakul Karimah", ANAMBAS BERMADAH 2021

Misi


a. Mewujudkan Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan yang Bermutu dan Terjangkau secara Merata;
b. Membangun Infrastruktur Dasar Air Bersih dan Listrik yang Memadai serta Permukiman yang Layak;
c. Membangun Konektivitas (Transportasi dan Telekomunikasi) Wilayah dan Sistem Logistik Daerah yang Handal;
d. Mengembangkan Perikanan dan Pariwisata sebagai Basis Sektor Maritim serta Pertanian yang Berorientasi pada Pemenuhan Kebutuhan Lokal dengan Lingkungan Hidup yang Lestari;
e. Menumbuhkembangkan Kewirausahaan serta Menciptakan Iklim Investasi yang Kondusif;
f. Membangun Birokrasi yang Bersih, Profesional dan Melayani serta Memperkuat Penyelenggaraan Otonomi Desa;
g. Mengembangkan Kehidupan Masyarakat yang Berakhlak dan Berpayungkan Budaya Melayu.

Tugas Pokok

Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang perundang-undangan, bantuan hukum dan dokumentasi dan informasi.

Tujuan

-

Fungsi

a. Penyiapan Bahan Peumusan Kebijakan Daerah Di Bidang Perundang-Undangan, Bantuan Hukum Serta Dokumentasi Dan Informasi;
b. Penyiapan Bahan Pengoordinasian Perumusan Kebijakan Daerah Di Bidang Perundang-Undangan, Bantuan Hukum Serta Dokumentasi Dan Informasi;
c. Penyiapan Bahan Pengoordinasian Pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah Di Bidang Perundang-Undangan, Bantuan Hukum Serta Dokumentasi Dan Informasi;
d. Penyiapan Bahan Pelaksanaan Pemantauan Dan Evaluasi Di Bidang Perundang-Undangan, Bantuan Hukum Serta Dokumentasi Dan Informasi;
e. Pelaksanaan Fungsi Lain Yang Diberikan Oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Yang Berkaitan Dengan Tugasnya; Dan
f. Pelaksanaan Tugas Lain Yang Diberikan Oleh Pimpinan.

Struktur Organisasi

SOP

Pemikiran pentingnya keberadaan JDIH untuk pertama kali dikemukakan dalam Seminar Hukum Nasional ke III di Surabaya pada tahun 1974. Seminar berpendapat bahwa keberadaan dokumentasi dan perpustakaan hukum yang baik merupakan syarat mutlak untuk membina hukum di Indonesia. Namun pada waktu itu baik dokumentasi maupun perpustakaan hukum di Indonesia masih dalam keadaan lemah dan kurang mendapat perhatian. Oleh karena itu seminar merekomendasikan : “Perlu adanya suatu kebijaksanaan nasional untuk mulai menyusun suatu Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi (SJDI) Hukum, dan agar dapat secepatnya berfungsi.

Merespon hasil rekomendasi seminar tersebut, Badan Pembinaan Hukum Nasional berupaya memprakarsai lokakarya-lokakarya di Jakarta (tahun 1975), di Malang (tahun 1977), dan di Pontianak (tahun 1977). Agenda pokok dalam setiap lokakarya tersebut membahas ke arah terwujudnya Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum serta menentukan program-program kegiatan yang dapat mendukung terwujudnya dan terlaksananya pemikiran yang dicetuskan tahun 1974 dimaksud.

Dalam sebuah Lokakarya di Jakarta tahun 1978 Badan Pembinaan Hukum Nasional disepakati sebagai Pusat Jaringan berskala nasional. Dan sementara itu Biro-biro Hukum Departemen, LPND, Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara (saat ini tidak ada lagi sebutan Lembaga Tertinggi), Pemerintah Daerah Tingkat I (berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 yang kemudian dinyatakan tidak berlaku lagi oleh Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 sebutan tersebut menjadi Pemerintah Provinsi) menjadi Anggota-nya. Pelaksanaan kegiatan JDIH yang dilakukan oleh instansi-instansi pemerintah waktu itu hanya didasarkan atas kesepakatan belaka, belum ada landasan hukum yang mengikatnya. Sejak itu instansi yang merasa telah siap mulai melakukan gerakan untuk maju, struktur organisasi yang memungkinkan untuk berkoordinasi dibentuk, perencanaan program kegiatan disusun, sarana fisik seperti gedung atau ruangan diwujudkan, koleksi peraturan mulai dikumpulkan, sumber daya manusia dilatih dan dididik mengenai dokumentasi dan informasi hukum, pelayanan informasi hukum dilakukan, serta anggaran untuk pelaksanaan semua kegiatan dimaksud diperjuangkan. Para pakar di bidang ini kemudian meletakkan landasan dasar kerja JDIH yang dibingkai dalam aspek Organisasi dan Metoda, Personalia dan Diklat, Koleksi, Teknis, Sarana dan Prasarana, serta Mekanisme dan Otomasi.

Setelah kegiatan jaringan dokumentasi dan informasi hukum berjalan lebih dari dua puluh tahun, Pemerintah menerbitkan Keputusan (baca Peraturan) Presiden Nomor 91 Tahun 1999 (Lembaran Negara RI Tahun 1999 Nomor 135) tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional. Keputusan Presiden inilah yang kemudian merupakan landasan hukum untuk lebih memacu dan mengembangkan JDIH kearah yang lebih baik, lebih maju untuk kepentingan bangsa dan negara. Dengan dikeluarkannya Keppres tersebut keanggotan JDIH ditambah meliputi seluruh Pemerintah daerah Kabupaten/ Kota; Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama; Pusat Dokumentasi pada Perguruan Tinggi di Indonesia; Lembaga-lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum yang ditetapkan oleh Menteri Kehakiman (baca Hukum dan HAM).
Memperhatikan definisi dan fungsi JDIH yang terurai dalam Keputusan Presiden tersebut maka cita-cita kondisi JDIH yang hendak dicapai diartikan sebagai kondisi yang dapat memberikan akses publik layanan informasi hukum dengan mudah, cepat, lengkap dan akurat untuk berbagai kalangan.